Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

# ac inverter # ac non inverter # ac hemat listrik # daikin solo # gree solo # rekomendasi ac # apa itu ac inverter # inverter ac # ac inverter solo # ac inverter bagus
Dibaca oleh, 144 orang
Dipublish pada, 23 Jan. 2021 08:42 am
Perbedaan AC Inverter dan Non Inverter

AC inverter atau teknologi inverter (DC) merupakan evolusi teknologi terbaru motor elektro yang ada pada kompresor. Inverter tersebut berfungsi untuk mengontrol kecepatan motor kompresor, sehingga suhunya dapat diatur secara terus menerus. AC inverter akhir-akhir ini menjadi trend yang lebih banyak disukai karena dilengkapi dengan fitur yang lebih smart. Perangkat ini sudah dilengkapi komponen yang mampu bekerja mengatur kompresor AC sesuai kebutuhan.

 

Sistem kerjanya yaitu arus listrik dari PLN berupa AC dirubah menjadi DC, kemudian dirubah kembali menjadi AC secara otomatis melalui sensor suhu. Apabila suhu ruangan sudah dingin, sensor tersebut akan bekerja mengatur listrik agar putaran kompresor lebih lambat. Tujuannya untuk menghemat pemakaian listrik. Ketika pendingin udara inverter diaktifkan, kompresor beroperasi pada kecepatan tinggi untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Setelah suhu ruangan mendekati suhu yang disetting, kompresor melambat, mempertahankan suhu konstan dan menghemat energi. Fluktuasi mendadak yang terjadi pada suhu kamar, akan tersensor dan langsung disesuaikan kembali untuk membawa suhu ruangan kembali ke suhu yang disetel.

 

Penggunaan AC inverter menghemat sekitar 30-50% listrik untuk beroperasi dibandingkan dengan AC Non Inverter. Inverter AC digunakan untuk mengontrol kecepatan motor kompresor untuk mengendalikan aliran refrigeran dalam sistem AC untuk mengatur suhu ruang-AC. Pada AC tradisional pengaturan suhu dilakukan kompresor yang “on” dan “off” secara berkala dan bekerja pada kapasitas maksimum. AC inverter dilengkapi dengan drive frekuensi –variable yang menggabungkan inverter listrik yang dapat disesuaikan untuk mengontrol kecepatan motor dan demikian juga dengan kompresor dan output pendinginan.

 

Pada umumnya AC non inveter (AC standard) mempunyai daya listrik 800 Watt. Dimana sistem kerjanya ketika AC mulai dinyalakan, AC tersebut membutuhkan daya listrik sebesar 800 Watt atau lebih. Kemudian saat suhu ruangan sudah dingin maka perangkat AC outdoor akan mati secara otomatis. Outdoor akan hidup kembali jika suhu ruangan sudah lebih panas dari suhu yang sudah Anda setting.

 

Berikut Grafik ilustrasi sistem kerja AC inverter dengan AC non inverter

 

Kami menyediakan berbagai pilihan AC baik inverter dan non inverter sebagai pendingin ruangan Anda. Sinar Sejahtera Inti merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang Heating, Ventilation, and Air Conditioning (HVAC) dan General Supplies. Kami menyediakan layanan berupa penyedia unit sistem, design dan perencaan, servis dan perawatan untuk kebutuhan Air Conditioning (AC) baik untuk customer perorangan maupun korporat, baik Applied Product, Unitary Product dan Filtration Product. Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh partner / pelanggan baik dalam hal kecepatan, kualitas layanan, waktu respon tercepat, kendali mutu, dan after sales / garansi dari layanan kami. 

 

Hubungi kami apabila ada pertanyaan atau mengenai pemesanan produk. Untuk membantu menghambat penyebaran virus corona / COVID 19, kami selalu menerapkan protokol kesehatan, sehingga Anda dapat melakukan transaksi dengan aman.

Shop Now